Panduan untuk memecahkan kode setiap istilah SPF

daftar istilah tabir surya

Sandal, tank top, hari-hari di pantai dan barbekyu di halaman belakang. Ini adalah beberapa hal hebat tentang musim panas dan mengapa kebanyakan orang menyukai matahari. Ada alasan yang lebih mendasar.

Matahari mengatur ritme sirkadian kita, yang penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, menurut National Institute of General Medical Sciences. Matahari juga memberi tubuh kita sumber vitamin D yang penting dan menghibur kita saat kita merasa sedih. Sementara itu, penelitian lain menghubungkan sinar matahari dengan pertumbuhan tumor yang berkurang, dan mungkin berperan dalam mengobati beberapa penyakit peradangan – namun paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit yang berpotensi fatal.

Itulah mengapa berbelanja tabir surya selama beberapa dekade telah menjadi fakta kehidupan – dan dengan lebih banyak penelitian yang berfokus pada pro dan kontra dari berbagai bahan tabir surya dan aturan pelabelan, itu menjadi semakin membingungkan. Terlepas dari pentingnya mengurangi risiko kanker kulit, banyak orang tetap berada dalam kesulitan dengan beberapa fakta dasar

Labelnya membingungkan. Pada akhirnya, bahasa yang digunakan pada botol dapat membingungkan konsumen.

Berikut ini adalah panduan penting untuk memahami istilah yang paling umum ditemukan pada label tabir surya, untuk membantu Anda menemukan produk terbaik untuk Anda dan keluarga.

aktif aktif

Karena tabir surya diklasifikasikan sebagai obat bebas di Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) mengharuskan label menyertakan panel fakta obat yang mencantumkan bahan aktif dan bahan tidak aktif.

Bahan aktif adalah bahan yang melindungi Anda dari sinar UV. Bahan tidak aktif adalah sisa formula produk yang dapat membantu menstabilkan produk atau memberikan fungsionalitas tambahan.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang menyerap energi dari radikal bebas dan mencegahnya menyebabkan kerusakan pada kulit.

avobenzone

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, Avobenzone adalah pelindung UVB spektrum luas topikal yang menghalangi panjang gelombang UVA I, UVA II, dan UVB, membatasi efek sinar UVB pada kulit. Meskipun avobenzone adalah bahan yang umum, jangan biarkan penyebarannya meninabobokan Anda ke dalam rasa aman yang salah: Ada perdebatan besar yang terjadi tentang keamanannya, dan avobenzone adalah salah satu dari 12 bahan tabir surya yang saat ini sedang dilakukan oleh Food and Drug Administration. penelitian tentang.

Sayang

Menurut American Dermatological Association, Food and Drug Administration tidak memiliki definisi yang ketat untuk istilah ini. Namun secara umum, ketika Anda melihat kata “bayi” pada kemasan tabir surya, biasanya (meskipun tidak selalu) berarti itu adalah mineral atau tabir surya.

Spektrum yang luas

Spektrum luas berarti melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. [rays]Keduanya penting tidak hanya untuk mencegah kanker kulit tetapi juga untuk mengurangi percepatan penuaan. Sinar UVA mempercepat tanda-tanda penuaan, sedangkan sinar UVB berkontribusi terhadap kulit terbakar.

Bahan kimia

Bahan kimia yang menyerap sinar UVA dan UVB ditemukan di sebagian besar tabir surya spektrum luas. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, bahan kimia ini, seperti oxybenzone atau benzophenone yang menyerap UV, jarang dapat menyebabkan reaksi kulit, termasuk jerawat, terbakar, jerawat, kekeringan, gatal, ruam, dan kemerahan, Dan lidah, bengkak, mengencangkan kulit . Kulit. Tabir surya kimia mengandung senyawa yang menyerap sinar UV dan mencegahnya menembus kulit.

Diperiksa oleh dokter kulit

Istilah ini menunjukkan bahwa dokter kulit bertanggung jawab atas tes toleransi produk, yang dilakukan dengan subjek tes sukarela.

keharuman

Istilah “wewangian” dapat mencakup kombinasi hampir 4.000 bahan dalam tabir surya. Karena ada celah dalam peraturan kosmetik, perusahaan tidak diharuskan untuk mengungkapkan bahan yang mereka gunakan dalam campuran wewangian mereka dan cukup mencantumkan istilah “wewangian” pada label. Beberapa bahan umum yang digunakan dalam campuran parfum termasuk ftalat, yang telah terbukti mengganggu aktivitas hormon, dan tumbuhan yang dapat menyebabkan sensitivitas kulit atau reaksi alergi. Taruhan paling aman, gunakan yang bebas pewangi.

nyasar bebas

Radikal bebas adalah molekul dengan tingkat energi yang tinggi. Pada kulit, dapat merusak DNA sel, melemahkan kolagen, dan dapat meningkatkan penuaan kulit serta menyebabkan kanker kulit. Menurut laporan EWG 2019, banyak tabir surya tidak memberikan perlindungan yang memadai dari sinar UVA, yang menembus lebih dalam ke jaringan kulit dan lebih bertanggung jawab untuk menghasilkan radikal bebas. Menurut penelitian sebelumnya, terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan banyak penyakit kronis, termasuk kanker dan gangguan autoimun.

Hipoalergenik

Istilah ini menunjukkan bahwa tabir surya cenderung tidak menyebabkan reaksi alergi. Ini adalah hal yang baik, terutama bagi orang-orang dengan kulit sensitif. Tetapi Food and Drug Administration tidak memiliki definisi istilah “hipoalergenik”. Jadi perusahaan dapat memberi label produk dengan istilah ini tanpa harus membuktikan bahwa mereka memenuhi standar hipoalergenik.

obat nyamuk

Sementara beberapa produk menawarkan perlindungan dari matahari dan serangga sial, menurut Mayo Clinic, yang terbaik adalah menggunakan tabir surya dan pengusir serangga yang terpisah.

Menghaluskan

Jika Anda ingin melindungi diri dari sinar matahari yang berbahaya tanpa terlihat terlalu berkilau, atau jika Anda memiliki kulit berminyak, carilah tabir surya matte, yang diformulasikan dengan bahan penyerap minyak.

mineral

Tabir surya mineral juga dikenal sebagai tabir surya fisik karena mereka bekerja seperti perisai, duduk di permukaan kulit Anda dan membelokkan sinar matahari. Menurut American Academy of Dermatology, tabir surya mineral sering mengandung bahan aktif titanium dioksida, seng oksida, atau keduanya. Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah jenis tabir surya ini.

Non-komedogenik

Non-komedogenik berarti tabir surya mengandung bahan-bahan yang cenderung tidak menyebabkan jerawat dengan menyumbat pori-pori kulit Anda.

bebas minyak

Produk yang mengatakan bebas minyak harus bebas dari minyak apa pun. Namun, bukan berarti bebas dari bahan lain yang bisa menyumbat pori-pori. Jadi, siapa yang harus menggunakan tabir surya bebas minyak? Siapapun yang memiliki kulit berjerawat. Ada perbedaan antara bebas minyak dan non-komedogenik. Ada produk yang mengandung sedikit minyak tetapi masih bisa terdaftar sebagai non-komedogenik.

organik

Filter organik seperti sinamat, salisilat dan benzofenon menyerap sinar ultraviolet dan mengubahnya menjadi sejumlah kecil panas. Namun, istilah ini kontroversial di kalangan dokter kulit. Beberapa ahli kulit, misalnya, menyebut tabir surya kimia sebagai tabir surya organik dan mineral sebagai anorganik.

oksibenzon

Ini mungkin bahan tabir surya yang paling kontroversial. Oxybenzone adalah salah satu filter kimia yang paling umum ditemukan di tabir surya kimia komersial. Menurut EWG, Food and Drug Administration AS telah menyuarakan keprihatinan tentang penyerapan oxybenzone melalui kulit.

Bebas Paraben

Menurut Food and Drug Administration, paraben banyak digunakan sebagai pengawet yang memperpanjang umur simpan produk dan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam kosmetik dan produk perawatan kulit lainnya seperti tabir surya. (Peringatan spoiler: Tidak semua orang suka menggosok jamur di wajah mereka.) Sayangnya, menurut Breastcancer.org, karena paraben dapat memiliki sifat seperti estrogen, mereka mungkin terkait dengan kanker payudara dan masalah kesuburan. Tetapi tidak ada konsensus ilmiah tentang masalah ini. FDA mencatat bahwa saat ini, tidak ada cukup bukti “untuk menunjukkan bahwa paraben seperti yang digunakan dalam kosmetik memiliki efek pada kesehatan manusia,” meskipun badan tersebut terus mengeksplorasi potensi risiko dan potensi pengawet alternatif.

penuaan foto

Photo aging adalah penuaan dini pada kulit akibat paparan sinar UV.

tabah

Persistensi gambar pada label tabir surya menunjukkan bahwa produk akan tetap stabil di bawah sinar UV.

tabir surya fisik

Istilah tabir surya fisik dapat dipertukarkan dengan tabir surya mineral. Keduanya menunjukkan bahwa produk tersebut mengandung bahan seperti seng oksida dan titanium dioksida. Tabir surya mineral bekerja dengan menyebarkan sinar matahari dari kulit Anda (bukan menyerapnya).

Retinil palmitat

Retinyl palmitate adalah kombinasi retinol dan asam palmitat, asam lemak, menurut perusahaan perawatan kulit Paula’s Choice. Membantu meningkatkan elastisitas kulit dan melawan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen.

ramah karang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2016 di Arsip pencemaran lingkungan dan racunOxybenzone dan octinoxate adalah salah satu bahan yang dapat mempengaruhi kemampuan karang untuk berkembang biak dengan merusak atau membunuh larva karang.

resistensi pasir

Beberapa tabir surya menawarkan formulasi yang lebih halus, yang cenderung sedikit lebih tahan pasir daripada tabir surya yang lebih tebal.

Kulit sensitif

Formula ini dirancang untuk “kulit sensitif”, yang berarti mungkin lebih aman untuk orang dengan kondisi kulit seperti eksim atau rosacea, atau mereka yang rentan terhadap jerawat. FDA tidak mendefinisikan istilah ini untuk tabir surya, menurut ADA, tetapi umumnya menunjukkan bahwa suatu produk mengandung satu atau kedua bahan aktif titanium dioksida dan seng oksida, dan tidak mengandung wewangian, minyak, PABA, atau bahan aktif. dalam tabir surya kimia, yang dapat mengiritasi kulit sensitif.

SPF

Tiga huruf yang sangat penting ini berarti “SPF”. SPF dapat berkisar dari 2 hingga lebih dari 50. Angka ini menunjukkan:

  • Persentase sinar UV yang dapat diblokir oleh tabir surya
  • Berapa lama itu akan melindungi Anda dari matahari?

Untuk memberi Anda gambaran tentang arti angka-angka ini: SPF 15 memblokir 93 persen sinar UV. Rekomendasi saat ini dari American Academy of Dermatology adalah menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

titanium dioksida

Menurut EWG, titanium dioksida adalah salah satu dari dua bahan aktif berbasis mineral (bersama dengan seng oksida) yang diizinkan oleh Food and Drug Administration dalam produk tabir surya di Amerika Serikat. Ini adalah penghambat fisik yang mengurangi penetrasi kulit dari sinar UV dengan menciptakan penghalang pada kulit.

sinar ultraviolet

Ultraviolet adalah kependekan dari sinar UV. Sinar ultraviolet adalah bentuk radiasi yang dipancarkan oleh matahari yang tidak terlihat oleh mata manusia, menurut NASA.gov. Ini adalah karsinogen yang diketahui. Apa yang direkomendasikan AAD adalah SPF 30 untuk penggunaan sehari-hari dan SPF 50 jika Anda akan berada di luar selama lebih dari satu jam.

UVA

UVA adalah singkatan dari Ultraviolet Light. Meskipun sinar ini kurang intens dibandingkan UV-B (lihat di bawah), sinar UVB mencapai hingga 95 persen sinar UVB yang mencapai permukaan bumi.

UVB

Sinar ultraviolet B lebih pendek dan lebih intens. Sinar UVB merusak lapisan permukaan kulit, menyebabkan kulit kemerahan dan terbakar sinar matahari. Untuk alasan ini, mereka memainkan peran utama dalam perkembangan kanker kulit.

Olahraga

Ketika Anda melihat kata “olahraga” pada label, penting untuk diketahui bahwa Food and Drug Administration belum mendefinisikan istilah ini untuk tabir surya. Biasanya itu berarti tabir surya akan bertahan di kulit basah selama 40 atau 80 menit, kata ADA. Bergantung pada seberapa banyak Anda berkeringat dan apakah Anda mengeringkan diri dengan handuk, Anda perlu mengoleskan kembali produk ini setiap 40 atau 80 menit.

40. tahan air

Tabir surya ini akan tetap efektif hingga 40 menit paparan (atau perendaman dalam) air, catatan ADA.

Tabir surya tahan air

Menurut ADA, tidak ada yang namanya tabir surya tahan air. Karena keringat dan air menghilangkan tabir surya dari kulit kita, Food and Drug Administration tidak lagi mengizinkan istilah ini pada kemasan produk.

Ultra Tahan Air 80

Tabir surya ini akan tetap efektif hingga 80 menit paparan (atau perendaman dalam) air, menurut ADA.

seng oksida

Menurut EWG, seng oksida adalah salah satu dari hanya dua bahan aktif (yang lainnya adalah titanium dioksida) yang telah ditentukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk aman dan efektif dalam tabir surya.